Berapa Lama Proses Pointing Dari Blogger ke Hostinger?

Berapa Lama Proses Pointing Dari Blogger ke Hostinger?

 
Halo juragan… Proses pointing adalah pemindahan nameserver domain TLD dari server satu ke server lain. Misalnya pemindahan domain lama yang sedang digunakan di blogger lalu tiba-tiba dicopot dan dipindah ke hostinger.
 Dan jika yang di pointing adalah domain lama, maka akan perlu waktu sedikit lama. Namun jika yang dipointing domain baru, maka hanya perlu menunggu 2 jam saja.
Nah, kali ini saya akan berbagi sedikit informasi tentang proses pemindahan domain dari hosting milik blogger ke hosting gratis milik hostinger. Sama-sama hosting gratis tanpa iklan.
Contohnya adalah salah satu domain saya yang saat ini sedang diuji coba menggunakan free hosting di hostinger. Dan hingga artikel ini saya tulis, proses pointing belum selesai sejak 3 hari kemarin.


Domain seperti ini nasibnya benar-benar klenger. Karena tampil di mesin pencari dalam dua wajah. Pertama adalah wajah blogger dan yang kedua adalah wajah wordpress yang dihosting oleh hostinger. Dan setelah diklik hasilnya error not found. Karena masih dalam proses pemindahan server yang disebut integrasi atau propagasi atau pointing.
Proses pointing ini memerlukan penyetelan nameserver di admin domain kita. Yaitu kita harus menghapus nameserver milik google dan menggantinya dengan nameserver milik hostinger. Masing-masing server memiliki 4 alamat nameserver.
Sekarang pertanyaannya adalah:
Berapa lamakah proses pointing bagi domain bekas blogger yang dipindah ke hostinger?
Jawabannya adalah:
Paling cepat 72 jam. Bisa jadi lebih dari itu. Karena proses pointing ini bagi domain bekas akan memakan waktu lebih lama daripada domain baru. Dan memerlukan waktu setidaknya 3 hari untuk menunggu respon dari hostinger sejak anda memperbarui nameserver hostinger di admin domain anda.
Selama proses pointing, kita akan melihat tulisan peringatan di cpanel hostingger seperti dibawah ini.

 Saat ini Domain Anda belum mengarah ke nameserver kami sehingga layanan seperti email, ftp, file manajer, website builder dan lain-lain tidak bekerja dengan baik. Anda dapat menemukan detail nameserver kami pada menu Akun -> Detail. Proses untuk mengarahkan domain ke server membutuhkan waktu hingga 24 jam setelah nameserver kami diupdate pada domain Anda.

Ini saja yang bisa saya sampaikan kali ini kepada teman-teman. Jika anda memiliki domain nganggur dan ingin menggunakan hosting gratis di hostinger dengan platform wordpress.

Disana silakan anda buat akun hostinger saat itu juga agar anda mendapat jatah hosting gratis untuk blog wordpress dengan domain dotcom. Jika anda tidak punya domain nganggur, anda juga bisa membuat blog gratis di hostinger menggunakan subdomain yang disediakan disana. Intinya, anda harus memiliki akun di hostinger dulu, setelah itu anda akan bisa berbuat banyak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merubah Posisi Sidebar & Main Pada Template Blogger

Cara Isi Saldo / Top UP rekening Ponsel CIMB Niaga

Membuat repeater dari TP-LINK TL-MR3420 dengan modem speedy TP-LINK