Membuat repeater dari TP-LINK TL-MR3420 dengan modem speedy TP-LINK

Membuat Repeater dari TP-LINK TL-MR3420 dengan modem speedy TP-LINK

TP-LINK 3G/4G WirelessN Router TL-MR3420

hai brada and sista, jumpa lagi dengan artikel yang saya tulis setelah sekian lama. kali ini saya akan memberitahukan cara menjadikan sebuah perangkat dengan brand modem TP-LINK TDW9151N milik speedy dengan TP-LINK Nseries Models TL-MR3420 menjadi sebuah repeater atau penguat sinyal wifi kita yg lemah menjadi baik kembali di tempat/titik/sudut rumah atau tempat kita tinggali

dengan pengalaman yang saya alami sebelum menggunakan MR3420, sinyal wifi saya sangat rendah/lemah ketika berada dilantai 2 atau kamar pribadi saya yg terbatas oleh tembok.setelah menggunakan TP-LINK Model TL-MR3420 ini sebagai repeater alhasil ketika berada di dalam kamar pribadi atau dilantai 2 sinyal tetap pada posisi strong. baiklah saya akan memberitahukan step cara pensetinganya sbb:

1- untuk modem TP-LINK TDW9151N speedy cukup disetting seperti biasa
2- untuk tahap pensetiingan TP-LINK TL-MR3420 kita sambungan device tersebut ke laptop/komputer      dengan posisi kabel lan mencolok keposisi port lan pada device  TP-LINK TL-MR3420
(bukan port WAN)
3- jangan lupa jika device bekas terpakai jangan lupa untuk mereset TP-LINK TL-MR3420 agar kembali kepengaturan pabrik dengan menekan tombol reset yang berada dibelakang selama kurang lebih 3-5 detik. jika sudah, maka bukalah browser dan ketikan alamat 192.168.0.2. dan anda akan dihadapkan pada posisi login device (bisa anda masukan id user : admin dan pasword :admin)
4- setelah itu kita lakukan proses pensettingan ip agar TP-LINK TL-MR3420 sesuai dengan ip modem speedy. jika ip speedy 192.168.1.1 maka TP-LINK TL-MR3420 kita setting 192.168.1.2 dengan cara masuk ke menu network dan didalam menu network pilih LAN. ubahlah ip adress yg ada di kolom menjadi 192.168.1.2 kemudian klik tombol save.


 
 5- Setelah selesai langkah diatas maka selanjutnya adalah mencari signal wiifi speedy kita atau bisa disebut juga dengan acess point, lalu kita ke menu Wireless lalu Wireless Setting. isikan kolom-kolom yang ada seperti berikut :
  • Wireless Network Name : XXX (Silahkan disesuaikan dengan nama yang Anda inginkan)
  • Region : Indonesia (Samakan dengan region yang ada di AP anda)
  • Channel : Biarkan saja Auto, Nanti  akan ada peringatan untuk menyamakan channel AP dengan WDS (Pilih Ya) atau anda bisa langsung menyamakan channelnya dengan yang ada di AP
  • Mode : 11bgn mixed (Silahkan disesuaikan dengan mode yang Anda ingikan)
  • Channel Width : Biarkan saja Auto
  • Max Tx Rate : 300Mbsp (Silahkan disesuaikan dengan maximum yang Anda ingikan)
  • Cek list Enable Wireless Router Radio,  Enable SSID Broadcast, Enable WDS Bridging
Ketika anda menceklist Enable WDS Bridging maka akan muncul kolom-kolom baru seperti gambar berikut

 Klik tombol survey maka akan muncul gambar seperti berikut, kemudian pilih SSID yang ingin anda perluas wifinya, setelah anda tekan connect maka secara otomatis SSID(to be Bridged) dan BSSID(to be bridged) akan terisi otomatis.

  • Key type : pilih sesuai dengan type security password Acess Point Anda, disini saya menggunakan WPA-PSK/WPA2-PSK
  • WEP Index dan Auth type biarkan saja
  • Password : isikan password Acess Point.
Setelah itu tekan tombol save dan reboot router Anda.
 6- jangan lupa untuk memberi pasword untuk security repeater kita agar tidak sembarang orang dapat mengaksesnya dengan masuk ke menu Wireless kemudian Wireless Security pilih radio button WPA-WPA2 Personal, isikan wireless password : 123456 atau sesuai yang anda inginkan setelah itu tekan tombol save.
7- mari kita ke menu DHCP kemudian DHCP Settings. isikan kolom kolom seperti berikut :
  • DHCP Server : pilih disable
  • Start IP Address : 192.168.0.100
  • End IP Address : 192.168.0.199
  • Address Lease Time : 120
  • Default Gateway : 192.168.1.1 sesuai dengan ip modem modem speedy
  • Default Domain : kosongkan
  • Primary DNS : 0.0.0.0
  • Secondary DNS : 0.0.0.0

Setelah itu tekan tombol save dan kemudian reboot, sekarang silahkan dicoba untuk konek ke signal wifi baru Anda.

 
sekian cara untuk membuat repeater menggunakan perangkat dari TP-LINK 3G/4G Wireless N Router dengan modem speedy TP-LINK TDW9151N.
Semoga artikel yang saya buat bermanfaat dan beguna bagi brada and sista.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merubah Posisi Sidebar & Main Pada Template Blogger

Cara Isi Saldo / Top UP rekening Ponsel CIMB Niaga